Skip to main content

Seminar "Pentingnya Sertifikasi Profesi" dalam Acara Pesta Pendidikan Kemendikbud 2018

Pemateri Ngobrol Publik
JAKARTA, KEMENDIKBUD - Pada Sabtu (6/5/2018) telah terlaksana kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas pesta pendidikan dari Kemendikbud yang merupakan acara tahunan bertujuan untuk merayakan perubahan dalam dunia pendidikan dan mengajak keterlibatan publik untuk terus mendukung upaya perubahan yang lebih besar dan luas. Dalam rangkaian acara nya yaitu diisi oleh beberapa materi yang sangat hebat dan memberi informasi positif kepada para partisipan yang hadir di dalam acara Ngobrol Publik tersebut.

Di sesi penyampaian materi pertama diisi oleh Bapak Wasono Basuki, asal Blora Jawa tengah merupakan seorang enterpreneur sekaligus motivator yang lebih mengajar kan didalam sikap berkomunikasi, mulai dari berjabat tangan, menyapa lawan bicara dengan penuh senyum, dan menjaga jarak saat berkomunikasi.

Beliau juga menyampaikan bahwasanya komunikasi itu sangat penting dalam dunia bisnis sehingga disaat seorang pelaku bisnis ingin menawarkan suatu produk nya harus disampaikan dengan penuh percaya diri dengan sikap yang baik, dan itu semua perlu disiapkan dengan terus belajar agar customer / klien tersebut tidak merasa kecewa dengan komunikasi yang sudah dilakukan.

Selain itu dalam dunia pendidikan pun juga perlu di terapkan komunikasi yang baik seperti halnya seorang guru yang mengajar kan materi kepada  murid - murid nya agar materi bisa dipahami oleh murid tersebut. Dalam sesi kedua Ngobrol Publik di isi oleh pemateri Bapak Suroso, G seorang Advisor Program di HHK animation dan juga seorang Asesor di BNSP.

Dalam presentasinnya di awali dengan menjelaskan "bahwasanya perubahan di dunia ini akan memasuki dunia baru yang mana akan ada banyak pertumbuhan teknologi yang diciptakan dengan begitu cepat sehingga tenaga manusia akan banyak di gantikan dengan teknologi robot, banyak negara - negara produksi mengalihkan atau membuat pabrik di negara lain supaya sumber energi di negara nya sendiri tidak terkuras. Ujarnya"

Kemudian dalam dunia perindustrian animasi juga berkembang dengan signifikan sehingga masih banyak peluang bagi generasi muda jika terus belajar mengambil profesi sebagai animator dan jangan khawatir untuk tidak mendapatkan pekerjaan sebagai sumber penghasilan.

Dan di sesi terakhir dalam acara Ngobrol Publik ini diisi oleh Bapak Satria Gunayoman dari TUK Biro Asesmen Profesi yang mana beliau menyampaikan "Pentingnya Sertifikasi Profesi" dalam dunia kerja karena persaingan saat ini sudah bukan lagi dalam skala nasional sehingga tenaga - tenaga ahli yang ada saat ini perlu disertifikasi agar lebih di akui keahlian nya di perusahaan, dan bagi perusahaan yang ingin mencari tenaga ahlipun saat ini sudah dipermudah dengan peta okupasi yang sudah diterbitkan, dan disahkan bersama oleh Kemnaker, Kominfo, Kadin Indonesia, Kementerian Bappenas dan BNSP. (bisa dilihat di bit.do/petaokupasi - PETA OKUPASI NASIONAL DALAM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA PADA AREA FUNGSI
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)


Beliau juga menyampaikan bahwasannya dalam jangka waktu kedepan perlu adanya kerjasama antar sekolah dan dunia akademisi lainya dalam penentuan kurikulum yang benar - benar dibutuhkan dunia industri sehingga ilmu yang didapatkan di sekolah dan dunia perkuliahan bisa bermanfaat saat mereka bekerja. 



Penulis:
Mohammad Aris Saifulloh
Digital Business Development

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.