Skip to main content

Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon

www.arissaifulloh.com - Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon, Pernakah kamu mengetahui atau membaca di sebuah majalah atau media kalau bahwsanya jeruk lemon atau jeruk nipis memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai sumber listrik kecil atau sumber api dengan mengkolaborasikan jeruk lemon tersebut dengan bahan - bahan penghantar listrik yang mudah ditemukan dan dijumpai sehari - hari.


Menyalakan Api dari Jeruk Lemon

Hal ini bisa kamu jadikan sebagai ilmu pengetahuan dan bekal jika kamu survive di alam bebas dengan jeruk lemon yang memiliki kandungan listrik bisa kamu jadikan sumber api yang bisa kamu gunakan untuk memasak atau sekedar menghangatkan tubuh. Walaupun memang di zaman yang modern seperti ini untuk menemukan sumber api sangat mudah, tetapi cara ini bisa kamu lakukan ketika dalam keadaan darurat serta sulit untuk menemukan sumber api.


Menyalakan Api dari Jeruk Lemon yang Mendandung Listrik

Bagaimanakah cara membuatnya ?

Tehnik untuk membuat api dengan jeruk lemon ini pun sangat mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan bahan - bahan yang diperlukan dan merangkai bahan tersebut sehingga bisa bekerja dengan baik. Adapun bahan bahan yang digunakan untuk menyalakan api dengan jeruk lemon ini ialah:

Bahan yang dibutuhkan:

  1. -Jeruk Lemon
  2. -6 Buah Clip Tembaga
  3. -6 Buah Paku Seng
  4. -Kabel
  5. -Serabut Baja

Adapun caranya adalah sebagai berikut:


Tekan jeruk lemon secara lembut dengan merata agar kulitnya sedikit lembek.



Tancapkan di jeruk lemon itu 6 buah paku seng. Atur jaraknya sekitar 1 cm tapi berhadap-hadapan dengan clip tembaga yang sudah ditancapkan sebelumnya. Pastikan tidak ada yang saling menempel satu sama lain.



menyalakan api dari jeruk lemon
Sekarang sambungkan clip tembaga dengan paku seng secara diagonal menggunakan kabel yang sudah disediakan tadi. Clip tembaga pertama sambungkan dengan paku seng baris kedua. Dan begitu seterusnya.


menyalakan api

Hubungan antara clip tembaga dan paku seng tadi akan menciptakan reaksi listrik. Sisa paku dan clip yang ada akan disambungkan dengan kabel lagi. Paku seng akan menjadi kutub negatif dan clip tembaga akan menjadi kutub positif.



Setelah selesai, jeruk lemon siap digunakan. Siapkan serabut baja yang telah disisipi tissue toilet di atasnya. Panas yang dihantarkan akan berubah menjadi api. Jeruk lemon tersebut diperkirakan bisa menghasilkan muatan sekitar 5 volt listrik, yang sangat cukup untuk menimbulkan sebuah api. bahkan dengan jumlah volt seperti itu bisa juga kamu gunakan untuk mencharge smartphone kamu, akan tetapi mungkin tidak dapat bertahan lama dikarenakan kandungan yang ada didalam buah lemon tersebut berkurang.


Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan api tersebut sesegera mungkin, entah itu untuk memasak, atau hanya sekedar menghangatkan tubuh, Selain itu cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai pembelajaran arus listrik yang unik dan bisa kamu jadikan sebagai referensi pembelajaran disekolah.

Lalu pertanyaannya bagaimana mungkin jeruk lemon bisa menghasilkan listrik yang mampu menyalakan api? 

Hubungan antara seng dan tembaga akan bereaksi terhadap kandungan asam jeruk lemon. Larutan asam disebut elektrolit, sedangkan seng dan tembaga tadi disebut dengan elektroda.

Demikianlah ulasan artikel kali ini tentang Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon yang Mendandung Listrik
Jika kamu merasa kesulitan untuk memahami tutorial diatas kamu bisa melihat langsung video cara menyalakan api dengan jeruk lemon dibawah ini: 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.