Skip to main content

Beginilah Proses Pembuatan Marka Jalan (Road Line)

www.arissaifulloh.com - Beginilah Proses Pengerjaan Pembuatan Road Line ( Garis Jalan ), Menurut yang diulas oleh wikipedia Markah jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. 

Proses Pembuatan Marka Jalan (Road Line)

pembuatan marka jalan
proses pembuatan marka jalan
Dalam pembuatan marka jalan juga diatur dalam undang - undang yang sudah di tetapkan oleh pemerintah, yang mana aturan ini harus dijalankan pada saat proses pengerjaan pembuatan marka jalan, terutama untuk Dinas Pengerjaan Umum (PU).


  • Undang Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  • Permenhub No.49 Tahun 2014 Tentang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas
  • Permenhub No 13 Tahun 2014 Tentang Rambu-Rambu Lalu Lintas
  • Permenhub Nomor 34 Tahun 2014 Tentang Marka Jalan
  • Permenhub No. 78 Tahun 2014 Tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2015 di Lingkungan Kementrian Perhubungan

Di setiap negara dalam proses pembuatan marka jalan berbeda - beda yaitu ada yang menggunakan mesin marka jalan biasa dan ada juga yang sudah menggunakan teknologi mobil sensor, yang mana mobil tersebut akan mendeteksi permukaan jalan yang akan diberi marka, sehingga dalam pengerjaannya menjadi lebih cepat. 

Selain itu marka jalan juga ada pengelompokannya yang mana setiap garis yang dibuat di atas jalan raya ada pengertianya. Seperti:

Marka Membujur

marka membujur
Markah membujur adalah tanda yang sejajar dengan sumbu jalan. Marka membujur yang dihubungkan dengan garis melintang yang dipergunakan untuk membatasi ruang parkir pada jalur lalu lintas kendaraan, tidak dianggap sebagai markah jalan membujur.

Marka Melintang
marka melintang
Markah melintang adalah tanda yang tegak lurus terhadap sumbu jalan, seperti pada garis henti di Zebra cross atau di persimpangan.

Marka Serong

marka serong
Markah serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang, untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.

Marka Lambang

pengelompokan marka jalan
marka lambang

Markah lambang adalah tanda yang mengandung arti tertentu untuk menyatakan peringatan, perintah dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah disampaikan oleh rambu lalu lintas atau tanda lalu lintas lainnya.


Diatas merupakan penjelasan dan pengelompokan dari marka jalan, jika kamu ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan marka jalan atau juga yang biasa disebut dengan road line kamu bisa melihat videonya dibawah ini:
Proses Pembuatan Marka Jalan (Road Line)



Sumber: Wikipedia



Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.