Skip to main content

Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam

www.arissaifulloh.com - Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam, Tempat kerja merupakan salah satu lokasi yang rawan terhadap bahaya kebakaran, maka berdasarkan hal tersebut pemerintah telah menetapkan peraturan perundangan untuk menanggulangi masalah kebakaran.
Seperti yang tertuang dalam Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang
Keselamatan Kerja pasal 3 ayat 1 yang berisi tentang syarat-syarat keselamatan kerja untuk  mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran mencegah dan megurangi peledakan memberikan kesempatan/jalan menyelamatkan diri dalam bahaya kebakaran  pengendalian penyebaran asap, gas, dan suhu.
bola pemadam
Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam
Proses Terjadinya Kebakaran
Kebakaran adalah api yang tidak terkontrol dan tidak dikehendaki karena dapat menimbukan kerugian baik harta benda maupun korban jiwa. Api dapat terbentuk jika terdapat keseimbangan tiga unsur yang terdiri dari bahan bakar, oksigen, dan panas.
Hubungan ketiga komponen ini biasanya disebut dengan segitiga api, sehingga bila mana salah satu unsur tersebut dihilangkan maka api akan padam.

Pedoman Keselamatan Pemadam.

  1. Sebagai pedoman setiap akan bertindak dalam pemadaman kebakaran harus mengutamakan 
  2. keselamatan   
  3. jiwa (safe life first) baik diri sendiri atau keselamatan team. Untuk itu setiap pemadam harus
  4. Tegas dan disiplin
  5. Tenang, waspada (mudah berfikir) dan percaya diri.
  6. Kompak dalam kerja sama team
  7. Cepat dan efesien
  8. Setiap selesai pemadaman yakinkan api telah padam mundur sampai jarak aman dan jangan langsung balik badan.
  9. Hal ini dapat dicapai karena terbiasa, dari pengalaman dan keterampilan yang diperoleh dalam latihan.

Lanjut ketopik utamanya yaitu:

Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam

Pada umunya alat pemadam kebakaran, sangat berat, sulit digunakan dan ada bahan kimia yang dianggap beracun dan tidak sehat jika terkena manusia, namun saat ini sebuah perusahaan Thailand mengklaim telah menciptakan cara paling sederhana dan tercepat untuk memadamkan api dengan Elide bola yang merupakan bola pemadam kebakaran.

Elide Fire adalah bola pemadam yang secara otomatis meledak jika bola tersebut dilempar kedalam api, dan dalam waktu 3 detik akan memadamkan api.

Bola Pemdam yang diberi nama Elide bola ini sangat mudah digunakan, anda tidak perlu mengadakan pelatihan untuk memadamkan api dengan bola Elide ini, karna cara memadamkan api ini terbilang sangat inovatif.

Adapun berat bola pemadam ini 1,3 kg dapat dengan mudah dibawa oleh orang dengan segala usia Setelah dibuang ke dalam api, bola Elide ini akan
meledak hanya dalam waktu 3 detik dan bahan kimia pemadamnya akan memadamkan dengan radius 10m2, Elide juga mengklaim bahwa bahan kimia yang digunakan sangat aman untuk manusia dan lingkungan. Setiap bola api yang diproduksi memiliki ketahan penyimpanan yang berbeda beda dengan kelas A,B,C,D dan E. Dan perlu diketahui bahwa bola pemadam perlu pemeliharaan dan dijauhi dari ruangan dengan suhu panas yang cukup tinggi.

Jika ingin mengetahui secara langsung bagaimana bola pemadam api ini bekerja silahkan lihat video dibawah ini:

Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam
Cara Inovatif untuk Memadamkan Api dengan Bola Pemadam :)
Posted by InfoMedia Digital on Tuesday, March 15, 2016


Baca Juga: 

Inovasi Canggih Wireless ini Bisa Menahan Gaya Gravitasi Bumi

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.