Skip to main content

Hal Yang Menyebabkan Bangunan Struktur Baja Roboh

www.arissaifulloh.com - Hal Yang Menyebabkan Bangunan Struktur Baja Roboh, pada dasarnya robohnya struktur suatu bangunan disebabkan kurangnya ketelitian dalam mengawasi, memperhitungkan dan mengontrol sumber daya manusia yang ada, sehingga terjadilah hal - hal yang tidak di inginkan, memang setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan - kesalahan, untuk itu sumber daya manusianya masih perlu banyak belajar, supaya hal yang telah terjadi tidak terulang kembali.


bangunan struktur baja roboh
Hal Yang Menyebabkan Bangunan Struktur Baja Roboh

Disisi lain kelebihan dari pembangunan dengan struktur baja bisa menguntungkan bagi proyek itu sendiri, diantaranya:
  • Dari segi pemasangannya struktur baja lebih mudah dalam proses pembangunan
  • Dari segi waktu pemasangan serta pembangunan dengan struktur baja lebih cepat sehingga sisa waktu yang digunakan lebih efesien
  • Dari segi kekuatan dan ketahanan struktur baja lebih tahan gempa di bandingkan dengan bangunan yang menggunakan bata merah ataupun batako.
  • Jika sewaktu - waktu ingin di bongkar bangunan dengan struktur baja lebih mudah di bongkarnya. dan struktur baja tersebut masih bisa digunakan kembali.
  • Dari segi perawatan lebih mudah di lakukan.

Adapun poin - poin yang menyebabkan struktur baja roboh ialah

  • Salah dalam memperhitungkan antara kebutuhan struktur baja yang akan dipasang, sehingga kekurangan material tersebut menjadi resiko robohnya bangunan,
  • Kesalahan pada saat memperhitungkan antara ukuran struktur baja yang di beli, dan tidak memperhitungkan beban apa yang akan di muat dalam suatu bangunan tersebut, yang kemudian terjadi overload dan menyebkan struktur baja tidak bisa menahan bisa tersebut.
  • Kesalahan dalam mendesain struktur baja yang akan di aplikasikan dilapangan.
  • Jarak bentang struktur baja yang terlalu panjang, dan tidak di kuatkan dengan besi baja untuk kolom, sehingga tidak dapat menopang benda diatasnya secara keseluruhan.
  • Terjadinya korosi atau karatan pada struktur baja tersebut, karna perawatan yang kurang dimaksimalkan.
  • Sambungan las yang kurang lebar dan banyak menyebabkan tidak kuatnya sambungan struktur baja.
  • Kelebihan beban bangunan, contohnya bangunan yang tadinya hanya direncanakan untuk kantor dengan beban 260kg/m2 tapi digunakan sebagai tempat parkir mobil dengan beban 700 kg/m2, nah.. kalau begini maka besar kemungkinan akan roboh.
  • Dan yang terakhir ialah terjadinnya bencana alam atau force majure,  Misalnya tanah longsor, gempa bumi, kebakaran dan lain lain, sehingga struktur baja tidak mampu bertahan dengan sempurna.
Dari poin - poin tersebut diatas kita bisa mengetahuinya sikap hati - hati juga sangat di perlukan dalam merencanakan pembangunan struktur baja tersebut, sehingga resiko yang akan ditimbulkan bisa di tangani lebih dulu, sebelum hal tersebut terjadi.

Demikianlah artikel tentang Hal Yang Menyebabkan Bangunan Struktur Baja Roboh, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih atas kunjungannya jangan lupa untuk share artikel ini yaa.


Artikel terkait:
7 Desain Denah Rumah Modern
Inovasi Desain untuk Menutupi Lantai Beton 

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.