Skip to main content

Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis

www.arissaifulloh.com - Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis, Rumah adalah hal pokok yang wajib dimiliki setiap manusia, karena rumah digunakan  sebagai tempat berlindung yanag paling baik dibandingkan dengan tempat lainnya.

Tips dan persiapan sebelum membangun rumah minimalis
Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis
Jika anda ingin membangun rumah serta sudah menyiapkan desain dan rancangannya sendiri adakalanya anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum niat anda membangun rumah minimalis ini terwujud, terkadang ada saja saja kendala yang dihadapi pada saat anda sudah memulai membangun rumah minimalis impian anda sendiri, ini tentu hal yang sangat buruk yang perlu dihindari demi berjalan lancarnya proyek pembangunan rumah minimalis impian anda. Namun anda jangan khawatir untuk mengatasi masalah - masalah yang akan terjadi alangkah baiknya anda membaca dan mempelajari Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis anda. Mari anda lihat tipsnya dibawah ini :

Siapkan Dana yang dibutuhkan Sesuai RAB
Hal yang pertama kali anda harus siapkan ialah menyiapkan dana yang dibutuhkan mulai dari proyek berjalan hingga proyek pembangunan rumah minimalis anda selesai. Karena jika terjadi kekurangan biaya pada pembangun rumah minimalis yang anda idamkan ini akibatnya proyek berhenti ditengah jalan dan jika ini terjadi tembok yang sudah berdiri dan belum tertutup dengan atap akan menjadi rusak terkena panas matahari dan terkena hujan.
Kemudian tetapkan dana sesuai RAB sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak sia - sia begitu saja, anda juga harus pintar - pintar mengelola keuangan yang dibutuhkan catat semua pengeluaran seperti belanja ke material, pembayaran tukag dan lain sebagainya selama berkaitan dengan pembagunan rumah minimalis anda.

Siapkan Sebidang Tanah yang Cukup untuk Membangun Rumah Minimalis Anda
Tanah juga merupakan bagian dari proses pembangunan rumah, hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli tanah untuk membangun rumah ialah :

  • jarak tanah anda dengan kebutuhan sumber daya pembangunan, jika jarak antara tanah yang anda beli dengan material tempat anda berbelanja ini akan memakan kost yang sangat banyak dalam segi operasional.
  • Perhatikan kondisi tanah yang akan dibangun seperti pada tekstur tanah tersebut, dan kekerasan tanah yang layak, sehingga tidak amblas pada saat dibangun rumah minimalis anda.
  • Perhatikan juga sumber daya air yang terdapat pada tanah, ini bisa anda lakukan dengan cara menanyakan pada tetangga sekitar yangterdekat dengan tanah yang akan anda beli, apakah sumber daya airnya baik atau tidak. Jika anda kurang begitu ahli anda bisa menyuruh tukang bor air yang berpengalaman.
Siapkan Bahan Material yang Dibutuhkan
Bahan material harus disiapkan terlebih dahulu sebelum pemngunan dilaksanankan, jika terjadi kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan rumah minimalis anda, hal yang akan terjadi ialah mundurnya deadline pembangunan sehingga proyek akan menjadi lebih lama.

  • Selain itu anda juga harus pintar - pintar dalam berbelanja ke material, jangan sampai melewati batas dari dana yang sudah disiapkan, 
  • manfaatkanlah diskon dari bahan material yang akan di beli hal ini juga efektif dilakukan untuk menghemat anggaran anda, sehingga proyek anda berjalan sesuai apa yang anda rencanakan, jika anda memiliki ide baru untuk menambah desain atau bentuk bangunan, anda juga harus menyiapkan dana tambahan untuk membelanjakan bahan material tersebut sehingga dana yang keluar bisa terkontrol dengan baik. 
  • Awasi dan perketat penggunaan material yang terbuang sia - sia yang dilakukan oleh tukang dan knek bangunan anda, hal ini sering terjadi karena tidak efesienya penggunaan bahan material seperti semen dan pasir yang sangat boros, jika anda belum menghetahuinya, silahkan baca Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen Pasangan DindingCara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pekerjaan PlesteranCara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen Pekerjaan Pondasi.
Siapkan dan Bentuk Tim Pekerja Bangunan yang Solid
Jika anda menyiapkan desain dan bentuk bangunan rumah minimalis yang sangat modern dan spesifik alangkah baiknya anda menyiapkan tukang bangunan yang sangat berpengalaman, dengan begitu kesulitan yang akan dihadapi oleh situkang itu sendiri bisa teratasi dengan baik. Tim kerja yang solid juga dibutuhkan agar pada saat proyek berjalan dari awal hingga selesai tidak terus - menerus berganti tukang karena jika ini terjadi bangunan yang dihasilkan akan terlihat berbeda dengan tukang yang sebelumnya membangun rumah minimalis anda. Beri pengarahan kepada mereka yang membuat mereka tidak terlalu tertekan agar mereka merasa betah bekerja dan ajaklah mereka berdiskusi tentang masalah dan kesulitan yang terjadi dalam membangun rumah minimalis anda sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Tips dan Persiapan Sebelum Membangun Rumah Minimalis, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mewujudkan rumah minimalis impian anda.
Terima kasih atas kunjungannya di arissaifulloh.com jangan lupa untuk share artikel ini yaa.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.