Skip to main content

Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi Deklinasi

www.arissaifulloh.com - Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi Deklinasi, Pengontrolan dalam ilmu ukur tanah adalah hal pokok yang perlu diketahui bagi para insinyur teknik sipil, karena pada dasarnya pengontrolan pada alat kompas geologi harus dilakukan sebelum dipergunkan dilapangan dan perlu di teliti kebenarannya,
sehingga pada saat pengukuran tanah dengan menggunakan kompas geologi menunjukan hasil yang real. Adapun hal - hal yang perlu kalian teliti dalam alat kompas geologi dalam ilmu ukur tanah ini ialah Inklinasi dan Deklinasi adapun pengertiannya antara lain:
Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi Deklinasi
Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi Deklinasi

1.  Inklinasi
Inklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh bidang datar dan jarum magnit. Artinya disini bahwa jarum magnit kedudukannya tidak seimbang.
Untuk ini digeser gelang pemberatnya yang ada pada jarum magnit, sehingga kedudukan jarum magnit dalam keadaan horizontal.


2.  Deklinasi
Deklinasi adalah sudut yang dibentuk oleh arah Utara Bumi dengan arah Utara Magnit. Oleh karena itu untuk mengetahui deklinasi di suatu wilayah perlu melihat pada peta topografi yang biasanya selalu ditulis dibagian bawah lembar peta. Atau kalau sekiranya tidak diketahui deklinasinya pada wilayah/daerah itu perlu diadakan pengamatan matahari.
Umpama diketahui pada daerah itu deklinasi antara Utara Bumi dan Utara Magnit adalah 10o ke arah Timur. Maka apabila alat ini ingin dijadikan Utara Bumi, angka 0 pada lingkaran datar diputar ke arah Barat, sehingga indeks pin menunjuk kepada angka 350o (alat ini adalah azimuth Timur).


3.  Cek Kelancaran Putaran Jarum Magnit
Untuk ini perlu kompas diletakan pada meja yang datar dan terhindar dari pengaruh besi yang dapat mengganggu jalannya jarum magnit. Sekarang baca jarum magnit utara berapa azimuthnya. Putar lingkaran 180o, kemudian kunci jarum magnit. Kembalikan kompas pada kedudukan pertama. Buka jarum magnit kuncinya. Baca sekarang azimuthnya. Kalau pembacaan kedua sama dengan pembacaan pertama, maka putaran jarum magnit baik. Kaluat tidak sama maka hal ini mungkin jarum magnit tumpul. Hal ini perlu diruncingkan. Atau kemungkinan terlalu runcing, dan ini juga perlu sedikit ditumpulkan sampai putaran jarum magnit baik.

Jadi kesimpulannya dari pengertian Inklinasi dan Deklinasi
deklinasi itu "Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan arah utara-selatan geografis disebut deklinasi"
nah sedangkan inklinasi itu "Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan bidang datar". Sudut Inklinasi dan Deklinasi dapat dilihat pada saat kita menggunakan kompas.
Jika kita perhatikan baik-baik,jarum magnet pada kompas sebenarnya tidak tepat pada posisi lurus menunjukkan kutub Utara dan kutub Selatan bumi seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi dan Deklinasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian calon sarjana teknik sipil. :D

Terima kasih atas kunjungannya di arisaifulloh.com, jangan lupa untuk share artikel ini yaa.
Baca Juga:
Cara Pengontrolan Kompas Geologi serta Pengertian Inklinasi Deklinasi

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.