Skip to main content

Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300

www.arissaifulloh.com - Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300, dalam dunia pekerjaan teknik sipil pekerjaan struktur beton merupakan salah satu bagian konstruksi suatu bangunan yang dibuat lebih dari satu bahan material campuran yang kemudian di buat untuk membangun struktur sehingga beton tersebut mengeras dan bisa

 menopang beban - beban yang ada. Untuk membuat campuran beton K300 yang berkualitas, perlu diperhatikan bahan - bahan material yang digunakan, karena bahan material merupakan hal yang sangat pokok untuk diperhatikan.
Cara menghitung beton k300
Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300
Dalam pengertiannya mutu beton K – 300 artinya adalah kuat tekananan beton (300) kilogram per centimeter persegi. ( setelah beton mengering selama 28 hari terhitung mulai saat pengecoran dilakukan). Untuk mendapatkan mutu beton yang kuat tekanannya sesuai yang diharapkan, dibutuhkan ketelitian pada saat menghitung komposisi material, dan pada saat proses pencampuran bahan material untuk mutu beton K300 itu sendiri, dengan begitu kualitas beton akan menjadi lebih baik, namun pada saat mulai pengadukan bahan hingga pengecoran juga penting dilakukan pengawasan agar berjalan sesuai prosedur untuk mutu beton k300 tersebut.

Pada umumnya kontraktor bangunan yang akan membuat campuran beton K300 dengan jumlah volume kubik yang besar, biasanya akan memesan readymic untuk pengecoran bangunannya, karena jika menggunakan readymic, mutu beton, dan pencampuran bahan seperti pasir, semen, split, screening, dan yang lainnya diperhitungkan meggunakan teknologi komputer modern yang sangat canggih.

Namun untuk proses pencampuran bahan material untuk beton K300 kamu bisa mnghitungnya dengan rumus dibawah ini:
Membuat 1 m3 beton mutu f’c = 26,4 MPa (K 300), slump (12 ± 2) cm, w/c = 0,52 berdasarkan Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan

Analisa harga satuan SNI 7394:2008 No.6.10

Tenaga Kerja Indeks SatuanPekerja = 1,6500 OHTukang batu = 0,2750 OHKepala Tukang = 0,0280 OHMandor = 0,0830 OH
Bahan Bangunan Indeks SatuanPortland cement = 413,0000 kgPasir beton = 681,0000 kgKerikil (maksimum 30mm) = 1021,0000 kgAir = 215,0000 Liter

Rumus diatas bisa kalian gunakan untuk membuat beton K300, agar lebih mempermudah saya akan memberikan satu contoh perhitungan:

Contoh Perhitungan:
Pak Ahmad ingin mengecor jalan yang ada didepan rumahnya sepanjang 5 meter dan lebar badan jalan 2 meter dengan ketebalan 12 centimeter.

Maka rumusnya:
5 meter x 2 meter x 0,12 cm = 1,20 M3, jadi angka 1,20 m3 ini lah yang nantinya anda kalikan dengan semua rumus diatas. Mulai dari ongkos tenaga kerja, dan perhitungan bahan bangunannya.

Demikianlah artikel ini yang berjudul Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kalian semua.
Terima kasih atas kunjungannya di  www.arissaifulloh.com Jangan lupa untuk share artikel ini yaa.

Baca Juga:
Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K225

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.