Skip to main content

Cara Mudah dan Praktis Menghitung Material Plafond Rumah

menghitung plafond menghitung plafond kredit menghitung plafond kpr menghitung plafond gypsum cara menghitung plafond gypsum cara menghitung plafond kredit menghitung volume plafon cara menghitung plafond kpr menghitung rab plafond menghitung list plafond cara menghitung plafond pinjaman rumus menghitung plafond cara menghitung plafon rumah menghitung bahan plafon menghitung volume pekerjaan plafon menghitung volume list plafond menghitung biaya plafon cara menghitung plafond menghitung plafond menghitung kebutuhan plafon gypsum cara menghitung rangka plafon gypsum cara menghitung volume plafon gypsum cara menghitung rab plafond gypsum menghitung kebutuhan plafon cara menghitung luas plafon cara menghitung luasan plafon cara menghitung material plafond menghitung pekerjaan plafond menghitung plafon rumah menghitung rangka plafond cara menghitung rab plafon rumus menghitung plafon menghitung kebutuhan rangka plafon menghitung kebutuhan rangka plafon gypsum rumus menghitung plafon kredit cara menghitung volume plafon menghitung limit kartu kredit cara menghitung plafon kpr btn

Cara Menghitung Bahan List dan Plafond Rumah
Analisa harga satuan pekerjaan plafond dihitung dalam satuan m2, sedangkan untuk lis plafond dihitung dalam satuan m1.
Contoh perhitungan volume pekerjaan plafond
suatu kamar tidur berukuran 3 m x 3 m akan dipasang plafond motif multiplek berukuran 120 x 120 cm, berapakah jumlah multiplek, lis plafond dan rangka plafond yang harus dibeli atau disediakan?
untuk menganalisa harga pekerjaan plafond untuk kamar tersebut, pertama kali kita hitung luasan ruangan yaitu:
L = 3 m x 3 m = 9 m2
berikutnya kita analisa kebutuhan multiplek yang harus disediakan

Menghitung kebutuhan multriplek sebagai bahan plafond
1 lembar multriplek dipasaran berukuran 1,2 m x 2,4 m. sedangkan kita akan memakai ukuran 1,2 m x 1,2 m. berarti 1 multriplek utuh nantinya akan kita potong menjadi dua bagian.
luas ruangan = 9 m2
luas 1 motif multriplek ukuran 1,2 m x 1,2 m = 1,44 m2
maka kebutuhan multriplek = 9 m2 : 1,44 m2 = 6.25 buah ukuran 1,2 m x 1,2 m
berarti jumlah murtiplek yang harus dibeli ( ukuran 1,2 m x 2,4 m ) adalah = 6,25 :2 = 3,125 buah dibulatkan 3,5 buah
pada saat pengerjaan plafond mungkin terjadi resiko kerusakan, cacat atau sisa pemotongan plafond tak terpakai, jadi sebagai angka keamanan kita tambahkan 1 lembar dalam membeli menjadi 3,5 + 1 = 4,5 lembar. dan jika tidak diperbolehkan membeli multriplek separuh lembar maka kita membeli sejumlah 4 lembar murtlipek

Menghitung kebutuhan kayu rangka plafond
jumlah rangka kayu yang dibutuhkan dapat kita analisa dengan cara sebagai berikut
ukuran ruangan 3 m x 3m maka rangka kayu yang menempel pada dinding adalah sepanjang 3m x4 bh = 12 m1
ukuran 1 motif plafond adalah 1,2 m x 1,2 m, maka kebutuhan kayu rangka plafond adalah 3 m x 4 bh = 12 m1
kayu rangka penggantung 5 bh x 1 m = 5m
maka jumlah total kebutuhan kayu rangka plafond adalah 12 m + 2 m + 12 m = 36 m1

Menghitung kebutuhan lis plafond
lis plafond kita pasang pada pertemuan antara pinggir plafond dengan dinding maka lis plafond yang dibutuhkan adalah sepanjang 3 m x 4 bh = 12 m1.

Menghitung kebutuhan cat plafond
jika kita menambahkan cat sebagai finishing plafond, maka untuk menghitung kebutuhan cat plafond kita memerlukan luasan ruangan yaitu 3 m x 3 m = 9 m2 pekerjaan cat plafond.
untuk kebutuhan tenaga dan Material pembantu seperti paku, benang dll bisa disesuaikan dilapangan, dan nantinya bisa memperkiakan kebutuhan material pembantu tersebut sebagai acuan pekerjaan plafond berikutnya.
setelah kita mengetahui jumlah volume tenaga, bahan atau material tentunya kita sudah dapat memperkiran biaya yang nantinya diperlukan dengan mengalikan volume material tersebut dengan harga dipasaran.

Macam – macam bahan yang dapat digunakan sebagai plafond rumah
  •   plafond Multriplek
  •   Plafond Beton Ekspos ( finish semen aci dan cat )
  •   Plafond Alumunium composit
  •   Plafond Beton finish walpaper
  •   Plafond plastik
  •   Plafond Kaca
  •   Plafond Rangka atap existing finish cat
  •   Plafond Gypsum
  •   Plafond Asbes
  •   Plafond Rumput alang – alang kering.


    Cara perhitungan diatas bisa kamu gunakan untuk menghitung jenis plafond lainnya dengan bahan yang berbeda.

Sekian perhitungan pekerjaan plafond Semoga bermanfaat.






Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Bobot Pekerjaan

www.arissaifulloh.com  -  Cara Menghitung Bobot Pekerjaan, mungkin dari sebagian orang menghitung setiap bobot pekerjaan belumlah diketahui karena masih banyak yang harus di pelajari selain rumus ini, rumus bobot pekerjaan ini biasanya di pakai dalam dunia teknik sipil, karena setiap pekerjaan yang memiliki laporan progressnya harus di hitung dengan rumus seperti ini, entah itu membangun sebuah rumah, gedung bertingkat, membuat rancangan konstruksi, membangun sebuah menara dan semua yang ada kaitannya dengan teknik sipi. adapun   Rumus untuk menghitung masing - masing bobot pekerjaan adalah: Bobot pekerjaan= (harga pekerjaan/Harga total pekerjaan) X 100%. Contoh: Bobot pekerjaan persiapan =( Rp. 686.751.780 / Rp. 31.900.000.000) X 100% = 2,2% Rumus diatas bisa anda tuangkan kedalam microsoft excel agar lebih cepat dan mudah dalam menghitung keseluruhan bobot pekerjaan tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.. Baca Juga: Cara Membuat Kurva S Proyek Bangunan Dengan

Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel

www.arissaifulloh.com  -  Cara Membuat Time Schedule Proyek Bangunan Dengan Excel , Salah satu penyebab mundurnya pelaksanan pekerjaan adalah akibat dari tidak dibuatnya dokumen Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan yang dalam ilmu Managemen Proyek kita kenal dengan istilah nama Time Scedule atau Jadwa Pelaksanaan atau Rencana Kerja. Tanpa Time Scedule, pekerjaan tidak dapat dikontrol dan dikendalikan, sehingga akibatnya pekerjaan menjadi molor tanpa arah. Untuk itu Time Scedule sangat mutlak dibuat dalam menyusun dokumen RAB Desain. Pada prinsipnya Time Schedule tidak terlalu rumit, berisi item-item pekerjaan yang telah kita rencanakan dalam perhitungan volume dan dilengkapi dengan rencana bulan penyelesaian yang dijabarkan dalam minggu serta adanya  bobot pekerjaan  untuk mengetahui progress kemajuan agar bisa dibuat menjadi kurva S. Waktu yang digunakan dalam Time Scedule biasanya sangat pendek sekali yaitu kurang lebih 3 bulan. Kami saji akan Time Scedule yang relatif sederhana dibanding

Jenis Spesifikasi dan Tabel Berat Baja H-Beam

Besi Habeam merupakan bagian yang sangat penting dalam dunia konstruksi, terutama untuk membangun sarana infastruktrur seperti jembatan, kontruksi bangunan dan gedung, dan juga bisa digunakan untuk rangka bangunan tahan gempa. Tentunya setiap jenis besi H-beam ada jenisnya, berikut table jenis dan spesifikasi besi H-beam. Sekian, Semoga bermanfaat.